7 Checklist bagi high quality JOMBLO

Hay guys… siapa sih yang tidak ingin menikah suatu saat nanti?

Pernikahan adalah rancangan Allah sejak semula, sehingga kita sebagai anak-anak yang dikasihiNya sudah selayaknya kita mempersiapkan diri untuk memenuhi kerinduan Allah itu!

Sebelum masuk dalam hubungan pernikahan kita mengenal suatu istilah “Pacaran”, di Alkitab memang tidak secara jelas membahas tentang istilah “Pacaran”.  Setidaknya kita harus memiliki pengertian yang sejalan dengan dasar-dasar kebenaran FirmanNya mengenai “Pacaran”

Sebelum lebih jauh saya mau menghimbau dan menegaskan bagi kamu yang ingin memiliki pernikahan yang indah, pastikan bahwa anda tidak bergonta-ganti “pacar”. Karena kita anak Tuhan tidak untuk Menyakiti “Mantan-mantan” kita, kita tidak perlu mengadopsi nilai “Gak cocok ya ganti!”. HEY!!! itu bukan gaya hidup anak Tuhan! so, di sini ada beberapa hal yang dapat membantu memberikan kita panduan untuk Mempertimbangkan dan Memilih “Pacar”/ calon Pasangan hidup kita kelak.

Puji Tuhan saya telah Tuhan arahkan untuk tertanam dalam Gereja yang luar biasa dalam membangun hidup saya. Saya mulai mengenal 7 CheckList ini sejak pertama saya masuk dalam Gereja ini (llihat Profil), saya mendapatkannya dari gembala yang saya kasihi (Ps. Philip Mantofa) dan saya rindu membagikannya bagi teman-teman sekalian.

7 Checklist:

  1. Seseorang yang memiliki Komitmen bertumbuh dalam iman kepada Yesus secara pribadi (Filipi 2:12)
    Yang jelas syarat pertama adalah kita harus 1 iman dengan “dia”,  karena tidak mungkin minyak bersatu dengan air atau terang bersatu dengan kegelapan! so, pastikan bahwa “dia” sudah Lahir baru (maksud saya adalah hidup sungguh-sungguh dalam Yesus) juga memiliki komitmen untuk bertumbuh dalam Imannya secara Pribadi kepada Tuhan. 

    Komitmen membutuhkan usaha keras. Untuk menjadi orang jahat tidak perlu usaha, tapi menjadi orang baik dan benar butuh perjuangan! Pasangan hidup yang takut akan Tuhan sudah tentu akan membawa keluarga Rumah Tangganya semakin indah di dalam berkat dan damai sejahtera dalam Kristus Yesus.

  2. Seseorang yang memiliki Visi Hidup untuk menyenangkan hati Tuhan (Filipi 1:21-22a)
    Visi hidup menyenangkan Tuhan bukan berarti “dia” harus hamba Tuhan (Pendeta, aktivis gereja, dst) tapi ini sangat mengacu pada bagaimana “dia” memiliki gairah hidup masa depan yang berpadanan dengan Kebenaran Firman Tuhan. 

    Hamba Tuhan (Pendeta) tidak menjamin dia adalah seorang yang mengasihi Tuhan, so jangan terkecoh dalam point ini. BeWARE!!! Kenali “dia” dengan benar sekalipun dia adalah pekerjaNya, ini tidak bermaksud menjatuhkan Image Hamba Tuhan karena sayapun adalah pekerjaNya di ladang TUHAN.
    Pastikan Tujuan hidupnya selalu mendatangkan pujian bagi nama TUHAN kita, ya tentunya kamu tidak akan memilih boss nya ketua mafia donk? hehehe… (just example)

  3. Seseorang yang memiliki Kedewasaan dan Tanggung Jawab dalam kehidupannya secara pribadi (1 Kor 13:11)
    Siapa sih yang mau menikah dengan anak kecil? Berpikirlah lebih jauh tentang point ini! Dewasa dan Bertanggungjawab adalah hal simple tapi ini sangat menentukan kelanggengan hubungan kalian suatu saat nanti. 

    lihatlah apakah dia bisa bertanggungjawab dengan hal-hal kecil dalam dirinya misal: dapatkah dia mengendalikan diri dalam pengeluaran (keuangan)/terlalu boroskah ia?, dapatkah ia memperlakukanmu sebagai wanita/pria dengan baik dan menempatkan dirinya sebagaimana ia adanya sebagai pria/wanita bagi kamu.

  4. Seseorang yang memiliki Gambar Diri yang sehat dan dipulihkan oleh kasih Kristus (Matius 22:39)
    Siapa sih yang mau menikah dengan orang yang selalu memperlakukan dirinya sendiri tidak baik ataupun menilai hidupnya sendiri adalah suatu keburukan? seseorang dapat menghargai orang lain (kamu) bila dia dapat menghargai dirinya sendiri. misal: pemabuk, pecandu obat-obatan, hypersex (free-Sex), suka bertengkar/brandalan, dll… pikirkanlah apakah dia dapat memperlakukanmu dengan baik?
  5. Seseorang yang memiliki Kejujuran yang dapat dipercaya (Lukas 16:10)
    Kejujuran adalah harta yang langka saat-saat ini, banyak orang memakai topeng yang indah tetapi keberadaannya yang sesungguhnya adalah buruk “rupa”. untuk mengenali kejujuran ini sangat membutuhkan waktu yang cukup, lihatlah bagaimana seseorang suka mencari alasan atau dia selalu terbuka dan menerima kritik dari sesamanya. 

    Orang yang suka mencari alasan adalah orang yang tidak mau jujur dengan dirinya sendiri, terlebih lagi sulit tentunya dia akan jujur padamu. Dan berhati-hatilah dengan orang “gombal”!! bermulut manis tidaklah salah, tapi perkataannya yang manis perlu dibuktikan oleh faktanya. Saya belajar hal ini menghabiskan banyak waktu dan sampai saat ini, baik sadar atau tidak banyak perkataan dan perbuatan kita seringkali tidak singkron, dan kejujuran ini perlu dijadikan perhatian khusus bagi kita semua.

    Satu contoh tragis: bila ada seseorang yang memutuskan kekasihnya/pacarnya dengan sengaja hanya untuk menembak/meminta kamu jadi pacarnya? SUDAH!!! pikir ulang 100x karena siapa tahu kamu akan jadi korban berikutnya?

  6. Seseorang yang memiliki Sikap Hidup yang positif (Filipi 4:4)
    Tidak mungkin kamu akan betah tinggal dengan orang yang suka “ngomel” dan mengeluh, sedikit hal yang menjengkelkan saja sudah dikomentari dengan panjang lebar. Intinya: apakah kamu mau menikah dengan orang yang selalu mengeluh dan mengeluh dalam hidupnya? 

    Somehow suatu saat kalau kamu lagi “Bokek/sakit, dst…” maka siap-siaplah dia tidak akan betah lagi bersamamu dan akan segera meninggalkan dan melupakanmu! Karena orang yang tidak memiliki sikap hidup termasuk karakter dan perilaku yang negatif adalah orang yang egois!

  7. Seseorang yang memiliki “Chemistry” perasaan jatuh cinta pada anda juga (Kidung Agung 8:5-7)
    Zaman ini bukan zaman siti nurbaya lagi, suatu ikatan cinta tidak bisa tidak dilandaskan oleh cinta (daya tarik). Daya tarik inilah yang akhirnya membawa 2 insan “yang saling terpaut dalam cinta” kepada suatu hubungan yang indah. Namun saya perlu tekankan, bahwa Chemistry bukan satu-satunya yang diandalkan akan tetapi bukan berarti meremehkan hal ini. Karena Makhluk hidup lain (alias binatang) pun berdasarkan daya tarik tentunya, tapi yang membedakan kamu dengan mereka adalah 6 point sebelumnya. 

    Namun bagi kamu yang memaksakan cinta itu untuk tumbuh hanya dasar pertimbangan logis semata, maka siap-siap juga suatu saat ketika aspek-aspek dalam pertimbangan logismu yang sebelum telah tidak kamu temukan lagi maka cinta karbitanmu itupun sangat tidak kuat untuk menopang hubungan kalian.

Guys… 7 point penting ini perlu diperhatikan dengan saksama. Bagaimana kamu mempertimbangkannya akan menentukan sejauh mana kalian akan melangkah ke tahap berikutnya yang membawa kalian pada satu hubungan yang kuat berdasarkan kehendak dan arahan FirmanNya.

Firman Allah selalu tajam dan relevan, so… check it out, Be Blessed
(disarikan dan disesuaikan oleh penulis)

Advertisements

About everlastingloves

just follow Jesus and just be a fruitful young man...
This entry was posted in Youth Lessons Sharing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s